Hyundai-KOICA Dream Center –
Indonesia adalah program Corporate Social Responsibility (CSR) Hyundai Motor
Company, yang bekerja sama dengan KOICA, mendirikan Pusat Pelatihan dan
Pendidikan Kejuruan (Vocational Education and Training Center) North Jakarta,
diperuntukkan bagi generasi muda yang berusia 18 – 24 tahun (Youth) yang
berdomisili di Jakarta dan sekitar-nya termasuk Bekasi, Tangerang, Serang,
Karawang, dan lain-lain, yang menginginkan pendidikan kejuruan di bidang
otomotif dengan tujuan mempersiapkan mereka untuk mempunyai pekerjaan yang
layak, kemapanan untuk kehidupan perekonomian dan peningkatan taraf
hidup-nya.Hyundai-KOICA Dream Center – Indonesia adalah proyek CSR untuk kaum
muda kedua setelah Ghana di South Africa, dengan skema yang sama.
Latar Belakang Project
Indonesia adalah negara ke empat
terbesar di dunia dengan jumlah populasi generasi muda (youth) lebih dari 38
juta jiwa yang terdiri dari wanita dan pria dengan kisaran umur 15 – 24 tahun.
Di banyak negara lain, kaum muda pada umur seusia ini dapatmemberikan
kontribusi besar pada perkembangan perkekonomian negara-nya. Tetapi secara umum
di Indonesia kaum muda tidaklah bisa mengembangkan potensi diri secara
maksimal, termasuk hak mereka untuk mempunyai standar hidup yang baik. Hal ini
disebabkan kendala tidak dapat melanjutkan sekolah terhambat faktor biaya,
sulit-nya mencari pekerjaan, apalagi membuka usaha sendiri.
Indonesia sebagai negara ke empat
terbesar di dunia secara populasi dan nomor 16 terbesar dalam perkembangan
perekonomian serta sebagai negara kesembilan sebagai negara tujuan investasi
(UNCTAD’s World’s Investment Prospect Survey). Pemerintah Indonesia menempatkan
sektor otomotif sebagai 5 besar prioritas fokus industry. Fakta-nya Indonesia
adalah negara kedua terbesar pada pasar ASEAN untuk otomotif industry. Pada
tahun 2012 penjualan kendaraan roda empat di Indonesia sudah mencapai angka 1
juta unit, perkembangan yang sangat baik dalam 2 tahun terakhir sejak tahun 2010
yang mencapai angka 764.710 unit. Berdasarkan perkembangan ini, diperkirakan
Indonesia akan mencapai total produksi 2 juta unit dalam kurun waktu 5 – 6
tahun ke depan.
Tidak banyak tersedianya
pendidikan formal ‘high vocational school’ di Jakarta yang mempunyai auto
mechanic program. Apalagi ditambah kenyataan bahwa mendirikan sekolah seperti
ini membutuhkan invastasi yang sangat besar. Jakarta terpilih sebagai tempat
lokasi Hyundai-KOICA Dream Center dengan alasan-alasan sebagai berikut, Total
kendaraan di Jakarta adalah 11 juta unit (8 juta adalah kendaraan roda dua dan
3 juta adalah kendaraan roda 4 – passenger cars), menggambarkan 15,7% dari
total kendaraan di Indonesia. Lebih dari 50% dari total 8 juta orang yang tidak
mempunyai pekerjaan, adalah kaum muda, dan 3.5 juta kaum muda bertempat tinggal
di Jakarta dan provinsi dekat kota Jakarta seperti Banten.