HYUNDAI TRAINING CENTER




Hyundai-KOICA Dream Center – Indonesia adalah program Corporate Social Responsibility (CSR) Hyundai Motor Company, yang bekerja sama dengan KOICA, mendirikan Pusat Pelatihan dan Pendidikan Kejuruan (Vocational Education and Training Center) North Jakarta, diperuntukkan bagi generasi muda yang berusia 18 – 24 tahun (Youth) yang berdomisili di Jakarta dan sekitar-nya termasuk Bekasi, Tangerang, Serang, Karawang, dan lain-lain, yang menginginkan pendidikan kejuruan di bidang otomotif dengan tujuan mempersiapkan mereka untuk mempunyai pekerjaan yang layak, kemapanan untuk kehidupan perekonomian dan peningkatan taraf hidup-nya.Hyundai-KOICA Dream Center – Indonesia adalah proyek CSR untuk kaum muda kedua setelah Ghana di South Africa, dengan skema yang sama.




Indonesia sebagai negara ke empat terbesar di dunia secara populasi dan nomor 16 terbesar dalam perkembangan perekonomian serta sebagai negara kesembilan sebagai negara tujuan investasi (UNCTAD’s World’s Investment Prospect Survey). Pemerintah Indonesia menempatkan sektor otomotif sebagai 5 besar prioritas fokus industry. Fakta-nya Indonesia adalah negara kedua terbesar pada pasar ASEAN untuk otomotif industry. Pada tahun 2012 penjualan kendaraan roda empat di Indonesia sudah mencapai angka 1 juta unit, perkembangan yang sangat baik dalam 2 tahun terakhir sejak tahun 2010 yang mencapai angka 764.710 unit. Berdasarkan perkembangan ini, diperkirakan Indonesia akan mencapai total produksi 2 juta unit dalam kurun waktu 5 – 6 tahun ke depan.

Tidak banyak tersedianya pendidikan formal ‘high vocational school’ di Jakarta yang mempunyai auto mechanic program. Apalagi ditambah kenyataan bahwa mendirikan sekolah seperti ini membutuhkan invastasi yang sangat besar. Jakarta terpilih sebagai tempat lokasi Hyundai-KOICA Dream Center dengan alasan-alasan sebagai berikut, Total kendaraan di Jakarta adalah 11 juta unit (8 juta adalah kendaraan roda dua dan 3 juta adalah kendaraan roda 4 – passenger cars), menggambarkan 15,7% dari total kendaraan di Indonesia. Lebih dari 50% dari total 8 juta orang yang tidak mempunyai pekerjaan, adalah kaum muda, dan 3.5 juta kaum muda bertempat tinggal di Jakarta dan provinsi dekat kota Jakarta seperti Banten.