Keuntungan Transmisi Manual 6 Percepatan

Secara sederhana fungsi gigi transmisi adalah meneruskan tenaga atau putaran mesin dari kopling menuju poros penggerak roda, disesuaikan dengan gigi transmisi yang digunakan. Pada sistem transmisi manual, gigi percepatan dirangkai di dalam gearbox untuk beberapa kecepaan. Seperti diketahui, sistem transmisi manual memerlukan pengemudi untuk menginjak kopling dan memindahkan gigi percepatan secara manual. Gigi percepatan yang digunakan tergantung pada kecepatan kendaraan. Inilah fokus utama pembahasan kita kali ini.



Kehadiran All New Grand Avega pada tahun 2011 telah didukung salah satu kelebihan pada sistem transmisinya, yakni enam percepatan manual. setidaknya ada 2 manfaat yang bisa didapatkan melalui sistem transmisi manual 6 kecepatan milik hyundai grand avega :

  1. Kinerja gigi transmisi yang tenang dan halus dapat menghasilkan perpindahan gigi lebih optimal dan menunjang kinerja mesin secara lebih terukur 
  2. Efisiensi bahan bakar lebih ekonomis, yakni sekitar 6,4 % lebih irit dibandingkan mobil sekelas dengan transmisi manual 5 percepatan.

Kinerja gigi transmisi yang tenang dan halus pada Hyundai Grand Avega bisa dicapai berkat aplikasi syncromesh yaitu perlengkapan transmisi yang berfungsi untuk menyamakan putaran antara gigi yang akan disambung, sehingga perpindahan gigi percepatan dapat dilakukan secara mulus.

Pihak Hyundai Mobil Indonesia sempat menguji performa menyeluruh dari Hyundai Grand Avega, termasuk kehandalan kinerja sistem transmisi manual 6 perecepatan. Rute yang dipakai tes adalah jalur utara jawa melintasi purwokerto dan tuntas di Yogyakarta.

Pada jalan bebas hambatan di tol Cikampek perpindahan gigi transmisi berlangsung mulus sehingga tanpa terasa jarum indikator sempat menembus angka di atas 170 km/jam. Kinerja mesin juga tidak terasa dipaksa kerja keras. (Catatan : kabin diisi 3 orang)




Pada posisi gigi 5 dan indikator putaran mesin 2.000 rpm, kecepatan kendaraan telah mampu menembus kecepatan 80 km/jam. Hasil lebih baik pasti akan didapatkan pada posisi gigi 6, atau dengan kata lain, kita sudah mendapatkan tenaga yang besar dan kecepatan cukup tinggi pada putaran mesin yang reatif rendah.