Hyundai Santa Fe 2013 Test Crash

Ditengah makin populernya kendaraan bergenre desain SUV, baik konsumen laki-laki maupun perempuan moderndi Indonesia, Hyundai menghadirkan varian dengan rating keselamatan terbaik, yaitu All New Hyundai Santa Fe. Sudah bukan rahasia jika kepedulian akan keamanan dan keselamatan pada kendaraan penumpang menjadi satu di antara proritas utama konsumen di Eropa. Dan inilah tugas bagi Euro NCAP yaitu lembaga independen yang menguji level keselamatan dan keamanan setiap kendaraan baru di market Eropa. Sejak tahun 1997 Euro NCAP yang dilegitimasi oleh pemerintah dari beberapa negara di Eropa ( Jerman, Inggris, Perancis, Italia, Belanda, Spanyol, Belgia, Swedia dan Luxemberg) juga terus melakukan penyempurnaan kriteria penilaian seiring perkembangan kualitas kendaraan. Implikasinya untuk mendapat nilai rating maksimum (5 Bintang) senantiasa menjadi lebih sulit dan menantang bagi produsen kendaraan untuk market Eropa. Termasuk bagi Hyundai tentunya.

Berikut hasil penilaian dari 4 kriteria yang ditetapkan pihak Euro NCAP :

Proteksi Penumpang Dewasa ( Nilai 34 / 96 % )
Pada saat tes benturan dari depan, ruang kompartemen penumpang tetap stabil. Boneka prototipe yang dipasang di kendaraan menunjukan jika proteksi pada bagian tulang betis dan tulang paha berlangsung baik bagi kedua penumpang di depan. Rekayasa rancang bangun All New Hyundai Santa Fe juga di nilai menjaga level keamanan proteksi ini pada penumpang dewasa dengan postur tubuh dan posisi duduk berbeda. Pada uji benturan samping nilai proteksi maksimum pada seluruh bagian tubuh penumpang diberikan oleh pihak Euro NCAP. Demikian pula pada tes benturan pilar samping, proteksi pada bagian dada cukup memadai, sementara pada proteksi pada bagian tubuh lainnya berlangsung baik. Proteksi pada bagian leher penumpang juga cukup baik saat tes benturan dari bagian belakang kendaraan.

Proteksi Penumpang Anak - Anak   (Nilai 43 / 89 %)
Pada saat test benturan depan, proteksi pada boneka prototipe berusia 3 tahun dengan posisi duduk menghadap depan berlangsung aman. Pada saat tes benturan samping, dua boneka prototipe anak-anak tetap terlindungi di kursinya masing masing, sehingga terhindar dari bahaya benturan dengan bag interior di dalam kabin. Airbag (bantalan udara) pada kursi penumpang depan juga dapat di non aktifkan, sekiranya anak anda ingin di dudukan pada kursi depan.


Proteksi Pejalan Kaki ( Nilai 25 / 71 % )
Proteksi maksimum pada bagian kaki pejalan kaki memperoleh nilai mkasimum. Bagian Bonnet (kap Mesin) All New Hyundai Santa Fe juga mengadopsi sistem "Pop Up" dimana saat sensor pada bumper mendeteksi pejalan kaki tertabrak, maka bagian bonnet akan mengangkat. Sistem ini telah di uji pada berbagai variasi kecepatan dan titik benturan pada beberapa posisi. Demikian pula pada proteksi bagian kepala pejalan kaki anak - anak juga berlangsung baik hampir di seluruh bagian bumper dan bonnet.

Fitur Pendukung Keselamatan  ( Nilai 6 / 86 % )
Fitur electronic stability control dinilai sesuai dengan standarisasi di Eropa. Demikian pula dengan peringatan penggunaan sabuk pengaman bagi pengemudi dan penumpang depan.

Di Indonesia sendiri All New Hyundai Santa Fe hadir dalam pilihan mesin Diesel CRDi 2,2 liter, serta versi mesin bensin yang sedianya akan dipekenalkan pada semester 2 tahun 2013.