Per Pengaruhi Kenyamanan Mobil


Setiap mobil punya karakteristik yang berbeda-beda soal peredam suspense. Akibatnya banyak pemilik mobil mengeluh dengan kinerja suspense. Misalnya, terlalu keras atau sangat empuk dengan goncangan besar. Kalo sudah begini, apa yang harus dilakukan.? Bila masa garansi mobil sudah abis, maka datang saja ke spesialis suspense, minta carikan suspense sesuai dengan keinginan.


Berikut kami siapkan tips untuk mengetahui karakteristik suspense mobil anda


PER KEONG


Sebelum mengganti, tanyakan dulu kebengkel per apa yang cocok untuk mobil anda. Utamanya, ukuran mangkok dan tinggi per. Pasalnya, ukuran yang tidak pas akan menimbulkan bunyi-bunyian saat mobil melintas dijalan bergelombang dan rusak. Cari per yang sama tingginya dengan as sokbreker. Tujuannya untuk mencegah goyang atau mangkok lepas. Setelah memperoleh beberapa pilihan, tentukan per yang akan dipasang. Untuk menentukan per keras atau empuk, lihat secara fisik. Pertama, perhatikan diameter batang per, kalo besar berarti keras. Lantas amati jarak lilitan, kalo lebih renggang berarti keras.

Lainnya, material per, baja murni atau tidak. Kalo baja lebih lentur. Semua mobil sekarang sudah memakai bahan yang sama, kandungan baja Cuma setengah. Manfaat per di mobil anda sebagai patokannya.


PER DAUN


Per ini sudah jarang dipakai, kecuali pada minibus dengan basis mobil barang. Agar empuk, lembaran per dikurangi. Untuk mendapatkan hasil maksimal, bagi yang masih memakai sokbreker oli, ganti dengan yang model gas. Tujuannya untuk membantu memperoleh gaya pantulan ke atas (rebound). Bila ingin memperkeras bantingan, bisa dengan menambah lembaran per. Ukurannya harus sesuai kuping yang mengikat lembaran di rangka atau sasis mobil.